Kamis, 17 Januari 2019 - 09:17:54 WIB
Berenang di Atas Awan di Umbul Sidomukti
Diposting oleh : Maria Laurensia Trinanda
Kategori: Wisata - Dibaca: 77 kali

Banyak orang yang mengeluhkan udara yang panas di kota Semarang. Namun siapa sangka di sisi selatan Semarang, tepatnya di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan kita masih bisa menikmati udara yang sejuk dan air pegunungan yang dingin.

Wisatawan yang ingin menikmati berenang di puncak tertinggi di punggung Gunung Ungaran, datang saja ke Umbul Sidomukti, Bandungan. Dengan ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut dan diapit jurang di kedua sisinya, kolam renang Umbul Sidomukti bagaikan berada di atas awan.

 

Taman renang alam memiliki empat kolam renang yang bertingkat satu sama lain. Airnya sangat jernih, sangat dingin, dan menyegarkan. Ada sumber mata air di tengah kolam yang berasal dari "tuk" Ngetihan dan "tuk" Watu Payung. Akibat adanya perbedaan ketinggian antara sumber mata air dan kolam, air pancaran umbul ini bisa mencapai 2-3 meter ke atas permukaan.

Kolam ini cukup mengasyikkan. Dinding kolam bukan terbuat dari keramik atau tembok seperti kolam renang pada umumnya. Dinding kolam berbentuk lonjong dengan berbagai ukuran dan kedalaman ini dibuat dari tumpukan batu-batu yang masih tampak alamiah.

Kolam renang tertinggi di Jawa Tengah ini terletak menonjol di tepi lereng sehingga siapa pun yang berenang dapat menyaksikan pemandangan luas di kejauhan, awan berarak serta hamparan lembah dataran rendah Kota Ambarawa, Rawapening, Bawen dan sekitarnya.

 

Selain berenang, di lokawi wisata ini juga tersedia permainan flying fox. Lintasannya terdapat dua pilihan trek, yakni marine bridge di lembah dan rappelling menuruni lembah di sisi kolam. Panjang lintasan flying fox 110 meter, menyeberang antara lereng bukit satu ke bukit lain dengan bergantung pada dua utas tali pengaman dan helm di kepala.

 

Jika Anda punya nyali yang besar, silakan coba olahraga paralayang di Umbul Sidomukti. Setiap pengunjung yang ingin menikmati terbang layang dengan tandem dikenai tarif tiket Rp 300.000 sekali terbang, dengan durasi lama di udara mulai 15 menit sampai setengah jam.

Mereka nanti dapat terbang dari ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, kemudian turun di lapangan sepak bola Desa Sidomukti dan kembali ke lokasi awal menggunakan fasilitas kendaraan pengelola obyek wisata ini.

Harga Tiket Masuk

 

Harga tiket masuk wisata kolam renang Umbul Sidomukti Bandungan, sudah sepaket dengan masuk objek wisata Umbul Sidomukti Bandungan, yaitu Rp10.000.

Sedangkan untuk biaya parkir, sepeda motor dikenakan Rp2.000 dan untuk mobil Rp5.000.

Jam Buka

Jam buka atau jam operasional kolam renang Umbul Sidomukti yaitu Senin-Jumat 08.00 - 17.00 WIB sedangkan untuk akhir pekan (Sabtu-Minggu) 07.00 - 17.00 WIB.

Menuju Umbul Sidomukti, Bandungan

 

Lokasi Wisata Umbul Sidomukti Semarang ini mudah dijangkau dari berbagai arah. Umbul Sidomukti bisa ditempuh dari arah Semarang menuju Solo, yaitu jika Anda sampai menemukan pom bensin Lemah abang di sisi kiri jalan, Anda langsung saja belok kanan menuju ke arah Bandungan, Kabupaten Semarang.

Kemudian, ketika Anda sudah sampai di Pasar Jimbaran di sisi kiri, akan ada gang bertuiskan Umbul Sidomukti di sisi kanan dengan jalan menanjak.

Untuk menuju lokasi Umbul Sidomukti, sebagaimana ciri wisata pegunungan, jalan memang berliku-liku dan naik-turun. Jalan pun tidak terlalu lebar, dengan sisi jalan penuh jurang. Oleh karena itu, kendaraan dan pengemudi yang hendak ke Umbul Sidomukti harus dalam kondisi prima.

 

Semua kendaraan bermotor akan dipandu warga setempat menuju jalan yang membelah Desa Sidomukti. Jalan di kampung di kawasan pegunungan itu memang hanya dapat dilalui satu mobil. Saat berpapasan, mobil harus saling mengalah, bergantian. Kondisi jalan terus menanjak hingga tiba di Umbul Sidomukti.

- Yasmin -

(Dikutip dari sumber) 




Komentar :