Destinasi Wisata Bangka Belitung

Destinasi Wisata di Bangka Belitung

Oleh Maria Laurensia Trinanda

NIS : 160421760

Keindahan tempat wisata di Bangka Belitung terletak pada pesona wisata baharinya yang menawan hati. Provinsi yang merupakan gabungan dari dua buah kepulauan, yakni Bangka dan Belitung, memiliki banyak pantai yang mengagumkan dengan karakteristik bebatuan granit yang khas dan permukaan pantai yang landai.

Bangka Belitung (Babel) adalah kawasan kepulauan dengan 470 buah pulau dan hanya terdapat 50 pulau yang telah berpenghuni. Inilah sebab betapa potensi wisata bahari yang ada di sana mampu menyuguhkan Anda pengalaman wisata bahari yang berkesan, seperti snorkeling, memancing, hingga berlayar.

Daerah kepulauan yang terkenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia ini juga dihuni oleh masyarakat Indonesia dari etnis China dengan komposisi gmencapai 20% dari total populasi di Bangka Belitung. Adalah hal yang lumrah bila Anda akan menjumpai banyak kelenteng di Babel yang masih digunakan sebagai tempat ibadah tatkala mengitari beberapa tempat wisata Bangka Belitung.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah salah satu tempat wisata di Bangka Belitung paling menawan dan patut Anda kunjungi.

Pantai Parai Tenggiri dulu lebih dikenal dengan nama Pantai Hakkok. Menurut cerita, pantai ini disebut pantai Parai pertama kali oleh Presiden RI I, Ir. Soekarno. Kontur pantainya landai dengan pasir putih yang halus dengan laut jernih kehijauan. Di sekeliling pantai banyak terdapat pohon kelapa serta berserakan batu-batu granit raksasa. Ombak di Pantai relative tenang sehingga cukup aman untuk anak-anak berenang.

Pantai Parai Tenggiri adalah salah satu objek wisata yang terletak di Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.Tepatnya berada di Desa Sinar Baru yang kira-kira berjarak 30 kilometer di sebelah utara kota Pangkalpinang.Pantai ini memiliki kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil.Pantai ini merupakan pantai andalan yang ada di kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Parai Tenggiri memiliki hamparan pasir putih yang masih bersih dan batu-batu granit yang alami. Batu-batu tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar dan bersifat alami, sehingga makin menambah kesan eksotiknya pantai ini.

Kawasan pantai ini ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau atau yang terkenal dengan sebutan Parai green resort. Hal ini disebabkan karena pengelola sangat memiliki kepedulian yang besar terhadap usaha penyelamatan lingkungan, yakni dengan cara mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat mencemari wilayah pantai. Sebagai contohnya adalah mengurangi pemakaian plastik dan menanam banyak pohon di kawasan pantai. Pengelola di lokasi ini juga sangat memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan wisatawannya. Hal ini terlihat dari lingkungan pantai yang bersih dan tertata asri serta beberapa penjaga pantai yang memantau pengunjung yang berenang, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alamnya, namun juga dapat melakukan rekreasi bahari lainnya yang menarik. Di pantai Parai Tenggiri ini, pengelola melayani penyewaan perahu pancing lengkap dengan semua peralatannya bagi wisatawan yang hobi memancing. Selain itu, di sini juga para pengunjung dapat menikmati sensasi menantang yang ditawarkan oleh banana boat. serta bisa melakukan penyelaman untuk melihat terumbu karang di dalam laut yang berbatasan langsung dengan laut cina selatan.

Pantai Parai bisa dibilang sebagai pantai termahal dan tercantik di deretan timur Pulau Bangka. Kalau pengunjung bebas masuk kapan saja tanpa harus membayar di pantai Bangka pada umumnya, lain halnya dengan si cantik Parai. Sang primadona ini pantas disebut sebagai surga yang tersembunyi dari dunia. Tentu saja pantai ini tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang berada di Pulau Belitung. Selain air lautnya yang bersih dan bening, pantai ini mempunyai gugusan batu karang berukuran besar dan membentuk formasi yang begitu indah jika disatukan dengan pohon-pohon kelapa serta pasirnya yang putih bersih.

Perjalanan menuju ke Pantai Parai Tenggiri dapat ditempuh dengan waktu kira-kira 45 menit menggunakan motor dari Pelabuhan Pangkal Balam atau Bandara Depati Amir. Selain itu, para pengunjung juga dapat menggunakan jenis kendaraan yang bisa disewa dari bandara tersebut. Adapun cara alternatif yang lain adalah menggunakan angkutan umum dari Pangkalpinang. Pengunjung dapat menggunakan angkot dengan jurusan Pinang- Sungai Liat. Kemudian perjalanan berlanjut dengan menggunakan becak motor sampai ke kawasan pantai Parai Tenggiri.

Para pengunjung tidak perlu khawatir karena pantai Parai Tenggiri sudah dilengkapi dengan penginapan dan hotel berbintang empat dan berbagai sarana hiburan.

disini anda juga dapat melakukan snoorkeling untuk menyelam lengkap dengan perahu dan pemandunya. di pantai ini anda dapat melakukan parasailing dan jetsky. pokoknya di tempat ini sungguh sangat lengkap. jika anda ke Pantai Parai Tenggiri jangan lupa menyempatkan mampir untuk membeli oleh-oleh khas yang bisa para wisatawan dapatkan di Kota Sungailiat. disini tidak sulit menemukan kios-kios yang menjual oleh-oleh dari Sungailiat, seperti kerupuk aneka rasayang terbuat dari cumi, ikan tenggiriudangsiput gong-gongkemplang panggangkeretek ikan, belacan dan lain-lain. wisata ini salah satu Pantai andalan bangka belitung.

Hotel resort di Pantai Parai juga menyediakan kolam renang, restoran serta sarana hiburan. Pengunjung dapat berenang di pantai, bermain para sailing, menyewa banana boat ataupun jetski atau melakukan permainan outbound. Pengunjung juga dapat menyewa peralatan diving di sini. Pengelola resort juga menyediakan restoran di dekat formasi batu-batu granit yang disebut dengan rock island. Selain melakukan kegiatan di air, pengunjung biasanya menjelajah bebatuan granit.

Kawasan disekitar pantai adalah perkampungan penduduk yang masih didominasi dengan hutan. Tidak jauh dari Pantai Parai, terdapat beberapa kawasan pantai umum yang masih belum dikelola dan pemandangannya masih sangat alami dengan formasi batu-batu granit yang unik, misalnya pantai love dimana terdapat batu granit besar yang datar berbentuk hati, atau Pantai Teluk Limau yang tersembunyi oleh kungkungan batu-batu granit raksasa.

Tiket: Rp. 25.000 (ditukar dengan minuman ringan

Indah bukan destinasi wisata yang satu ini?

Tunggu apalagi, yuk berwisata ke pantai Parai Tenggiri yang ada di Bangka Belitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.