Yang Terhormat :

– Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta

– Ketua APTISI Wilayah V Yogyakarta

– Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta

– Ketua Yayasan Dharma Nusantara Sakti

– General Manager Hotel Jambuluwuk Malioboro Yogyakarta

– Manager Grand Puri Water Park Gabusan

– Bapak Ibu dosen serta Tamu Undangan

– Para Orang Tua/Wali, dan wisudawan/wisudawati yang berbahagia

– Hadirin, Tamu Undangan, orang tua/wali/pendamping wisudawan/wisudawati yang berbahagia

 

Selamat pagi, Assalamu’alaikum Wr. Wb

Salam sejahtera bagi kita semua. Om Swastyastu

Marilah kita awali pertemuan ini dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmad dan HidayahNya. Kita harus bersyukur karena saat ini kita berkumpul di Hotel Jambuluwuk Malioboro Yogyakarta bersama para wisudawan/wisudawati, orang tua serta para undangan sekalian sebagai saksi keberhasilan mereka

Hadirin yang berbahagia

Wisuda kali ini adalah wisuda ke-16, dimana para wisudawan harus merasa bangga dan selalu siap dengan bekal ilmu yang dimiliki untuk bersaing diluar sana, tentu saja apa yang mereka peroleh di kampus AKPARDA belum lah cukup sehingga para wisudawan juga harus terus belajar dan belajar lagi sebagai bekal yang kuat untuk menghadapi tantangan ke depannya.

Saya percaya selama kalian belajar di Akparda, para dosen selalu berusaha mengedepankan kualitas  untuk mewujudkan itu kami berusaha untuk menjalankan proses belajar dan mengajar dengan 14 kali tatap muka yang diakhiri dengan ujian. Untuk menjaga kualitas pembelajaran maka para dosen dituntut selalu mengikuti perkembangan jaman dan dengan didukung fasilitas yang ada dikampus maka proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Dalam proses pembelajaran tidak hanya teori yang diberikan namun juga praktek dengan kopmposisi perbandingan 70% dan 30 % praktik.

Dalam  satu tahun terakhir, sektor pendidikan di Indonesia mengalami dinamika yang demikian pesatnya. Hal ini seiring dengan pandemi covid 19 yang telah menimpa berbagai negara, termasuk Indonesia, menyebar ke berbagai wilayah tak terkecuali Yogyakarta. Krisis pandemi covid 19 ini, telah membawa perubahan yang begitu besar di sektor pendidikan. Sektor pendidikan kita seolah dibawa memasuki babakan baru era digital secara lebih cepat dan tidak bisa dihindarkan lagi. Perubahan yang tidak bisa ditolak, tidak bida hindari, tetapi harus diadaptasi dan disikapi secara bijak, melalui berbagai terobosan dan strategi.

Berbagai adaptasi yang dilakukan ini, merupakan bentuk jawaban Akparda Ygyakarta terhadap dinamika dan tantangan dunia pendidikan saat ini. Krisis pandemi covid 19, tidak boleh membuat semangat kita untuk belajar menjadi surut. Hal yang sama juga kami harapkan bagi para mahasiswa/mahasiswi Akparda Yogyakarta. Semangat belajar harus terus dipupuk, semangat untuk menjadi calon-calon profesional pariwisata yang kreatif dan inovatif harus terus dipelihara. Pandemi covid 19 ataupun krisis saat ini, tidak membuat kompetisi di dunia pendidikan ataupun dunia kerja menjadi lemah, akan tetapi justru menjadi semakin kuat. Untuk itulah, kita harus mampu beradaptasi terhadap perubahan apapun yang ada di lingkungan pendidikan ataupun tuntutan dunia kerja.

Akparda Yogyakarta, sebagai bagian dari kawah candra dimukanya para calon profesional pariwisata, akan terus berupaya mendorong dan menyiapkan para wisudawan/wisudawati menjadi lulusan yang kompeten, profesional dan tangguh. Sampai saat ini, hasil nyata lulusan Akparda mampu berkiprah didunia perhotelan baik sebagai manager, eksekutif housekeeper, eksekutif front office, maupun cheff diberbagai hotel di Indonesia, inilah sebagian wujud kepedulian Akparda dalam membangun bangsa untuk menjadi bangsa yang bermartabat dimata dunia

Kerja sama yang dijalin Akparda baik local, nasional, maupun Internasional terus dikembangkan untuk menambah eksistensi kampus yang terus menata diri agar bisa bersaing dengan perguruan tinggi lainnya tidak terbatas hanya pada perguruan tinggi pariwisata. Untuk itu dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan demi mencapai tujuan tersebut.

 

Hadirin yang terhormat,

Sebagai Direktur AKPARDA saya mengemban amanah yang tidak ringan dari bapak/ibu sekalian untuk itu saya berusaha semampu saya untuk dapat mengemban amanah ini dengan baik dan saya sampaikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada bapak/ibu yang telah mempercayakan lembaga kami untuk mendidik putra/putri bapak/ibu sekalian. Dan semoga bisa terus berlanjut untuk adik-adik para wisudawan sehingga mereka dapat kuliah di AKPARDA.

Para wisudawan sekalian wisuda kali ini adalah awal perjalanan hidup yg harus terus diasah dan di tempa sehingga mampu bersaing dengan para lulusan dari PT lain, satu hal yang perlu kalian perhatikan bahwa untuk menapaki dunia kerja kalian harus terus mengembangkan diri dan terus memperbaiki diri sehingga kalian memiliki senjata yang handal yang mampu menantang dunia luar yang tak mudah. Percayalah dengan apa yang menjadi kemampuan kalian, jadilah diri sendiri karena keberhasilan kalian adalah milik kalian saya katakan kalian adalah pemenang dalam kehidupan ini jadi tunjukan prestasimu untuk meraih cita-cita yang kalian inginkan.

Sebagai akhir sambutan ini, catat momentum wisuda ini sebagai hadiah terindah untuk orang tua kalian dan jadikan kenangan yang tak terlupakan, orang tua kalian adalah semangat bagi kalian karena tanpa mereka para wisudawan bukanlah siapa-siapa.

Saya berpesan, setelah kalian kembali ke masyarakat maka berkaryalah sebaik-baiknya, jaga nama baik almamater dan tetap melakukan yang terbaik, selamat atas wisuda kalian ini.

Sekian, Wasssalammu’alaikum Wr.Wb